Buku Teori Kesusastraan Karya Renè Wellek dan Austin Warren.

Dalam dunia kesusastraan, pemahaman teori-teori dasar merupakan sebuah landasan penting bagi para peneliti titik salah satunya karya yang menjadi pijakan utama dalam memahami teori kesusastraan adalah buku yang ditulis oleh Renè Wellek dan Austin Warren. Renè Wellek (1903-1995) dan Austin Warren (1899-1986) merupakan dua tokoh penting dalam bidang kesusastraan.

Rene welek merupakan seorang teoritikus asal Austria dan Austin Warren merupakan seorang Profesor sastra Amerika Serikat, keduanya bekerja sama dalam menulis buku "Theory of Literature" yang menjadi salah satu karya klasik dalam teori kesusastraan. Buku klasik ini yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa antara lain bahasa Jerman, Italia, Spanyol, Korea, dan Ibrani - sehingga akhirnya terbit juga dalam bahasa Indonesia. Renè Wellek dan Austin Warren menuliskan dua macam pendekatan terhadap karya sastra, yaitu pendekatan ekstrinsik dan pendekatan intrinsik.

Pada bagian pertama dalam buku ini, terdapat pembahasan tentang definisi dan batasan mulai dari bab 1 - bab 5 yang membahas mengenai sastra dan studi sastra sifat-sifat sastra, fungsi sastra, teori, kritik, sejarah sastra, sastra umum sastra bandingan, dan sastra nasional.

Bagian kedua pembahasan tentang penelitian pendahuluan pada bab 6 yang membahas mengenai memilih dan menyusun naskah. Bagian ketiga pembahasan tentang studi sastra dengan pendekatan ekstrinsik mulai dari bab 7 - bab 11 yang membahas tentang sastra dan biografi, psikolog, masyarakat, pemikiran, dan seni.

Bagian keempat pembahasan tentang studi sastra dengan pendekatan intrinsik mulai dari bab 12 - bab 19 yang membahas modus keberadaan karya sastra evonik, Irama, matra, gaya dan stilitiska, Citra, metafora, simbol, mitos, sifat dan ragam fiksi naratif, genre sastra, penilaian dan sejarah sastra.

Buku teori kesusastraan karya Renè Wellek dan Austin Warren memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan teori kesusastraan, titik konsep-konsep yang mereka berikan dalam buku tersebut tidak hanya menjadi dasar bagi pemahaman kita tentang kesusastraan tetapi juga mempengaruhi pengembangan kajian kesusastraan modern. Maka dari itu, karya mereka tetap relevan dan menjadi bacaan penting bagi siapapun yang tertarik dalam memahami dan ingin mendalami tentang kesusastraan.

Komentar

Postingan Populer