Prambors: Siaran Radio Para Kawula-Kawula Muda

Jika kalian para kawula muda penggemar siaran radio, pasti tak asing lagi dengan Radio Prambors. Sebuah jaringan radio publik yang menyasar anak muda di Indonesia dengan nama panjang Prambors Rasisonia, diambil dari Prambanan, Mendut, Borobudur, dan Sekitarnya, serta Radio Siaran Sosial Niaga.

Radio Prambors bermula dari inisiatif sekelompok remaja di kawasan Jakarta Pusat, tepatnya di jalan Prambanan, Mendut, Borobudur, dan sekitarnya. Mereka, antara lain Imran Amir, Mursid Rustam, Malik Sjafei, Bambang Wahyudi, Tri Tunggal, bersama teman-teman lain dari satu RT di Menteng, Jakarta Pusat, membentuk geng Prambors sebelum kemudian menciptakan radio agar dikenal luas.

Awalnya, Prambors hanya sebuah siaran ilegal yang disiarkan dari kamar Bambang Wahyudi dengan antena bambu di atas pohon. Namun, semangat dan minat mereka terhadap siaran radio terus berkembang. Pada tahun 1970, pemerintah mengeluarkan aturan baru yang mengharuskan stasiun radio berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Prambors pun bertransformasi menjadi PT Radio Prambors Broadcasting Service.

Di era 1980-an, namanya diubah menjadi PT Radio Prambors. Mereka secara perlahan membangun komunitas pendengar, khususnya anak muda, dengan lagu-lagu dan siaran yang sesuai. Karya-karya seperti kaset kompilasi dan Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR) sukses memperkokoh posisi Prambors di pasar anak muda hingga tahun 1978.

Di era 1980-an, persaingan dengan stasiun radio lain semakin terasa. Prambors menjaga komunitasnya dengan permainan, sementara di tahun 1990-an muncul program baru seperti Catatan Si Boy, Diary, dan acara off air seperti tenda mangkal dan Prambors Nite. Peningkatan kualitas audio terjadi saat Prambors pindah jalur dari AM 666 KHz ke FM 102,3 pada tahun 1987.

Program-program seperti Desta and Gina in the Morning, Sunset Trip, DJ Show, Night Shift, hingga Prambors Top 40 dan Asia Top 40 menjadi andalan Prambors. Di media sosial, Prambors menghadirkan program seperti Prambors What's On, Prambors Sports, Prambors News, dan Prambors Music Invasion.

Prambors telah menorehkan sejarah yang gemilang dalam dunia siaran radio di Indonesia. Dengan komitmennya untuk tetap menjadi teman setia para pendengarnya, Prambors siap menyambut masa depan dengan semangat yang tak kenal lelah. Terima kasih, Prambors, atas inspirasi dan hiburan yang tak pernah lekang oleh waktu!

Komentar

Postingan Populer