Perayaan Lebaran Idul Fitri, Melangkah Dalam Kebahagiaan dan Kedamaian

 

Pada setiap tahun, umat muslim di seluruh dunia merayakan momen yang paling berharga dan yang paling ditunggu-tunggu, yakni lebaran. Lebaran merupakan hari raya yang sudah dinantikan setelah berpuasa sebulan penuh selama bulan Ramadhan.

Idul Fitri mempunyai makna sebagai bentuk refleksi diri, bentuk rasa syukur, dan kegembiraan. Dalam hal ini, refleksi diri yang berarti setiap umat muslim dianjurkan untuk intropeksi diri dan kembali kepada fitrah islamiyah. 

Lebaran merupakan hari yang penuh dengan kebahagiaan, kejutan, dan berkumpul dengan para keluarga besar. Lebaran juga bukan hanya sekedar hari libur bagi para umat muslim, tetapi momen penting untuk bersilahturahmi kepada keluarga dan kerabat.

Kegiatan yang dilakukan sebelum Lebaran, banyak orang yang melalukan zakat fitrah, sumbangan kepada yang membutuhkan, dan zakat fitrah merupakan bagian dari kewajiban agama.

Tradisi-tradisi yang khas ketika idul Fitri dimulai dengan shalat idul Fitri bersama-sama, setelah selesai salat dilanjutkan dengan saling berkunjung antara keluarga, tetangga, dan teman-teman. Tradisi-tradisi ini tidak hanya mengingatkan kita akan pentingnya persaudaraan akan tetapi juga membangun kebersamaan yang kuat dalam pertemanan dan kekeluargaan.

Tidak hanya itu tradisi yang dilakukan ketika idul Fitri. Beberapa tradisi yang dilakukan ketika idul Fitri ialah pulang kampung atau mudik yang menjadi sebuah tradisi lebaran khas Indonesia yang cukup fenomenal. Lalu ada tradisi ziarah atau nyekar ke makam keluarga kan leluhur, tradisi ini biasanya dilakukan sebelum idul fitri atau setelah salat idul Fitri.

Semoga perayaan Idul Fitri tahun ini membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi semua umat Muslim di seluruh dunia. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin semuanyaaa ^_^.

Komentar

Postingan Populer