MATA KULIAH FAVORIT: JUNALISTIK JAWABANNYA

Dalam perkuliahan tentu saja setiap mahasiswa memiliki mata kuliah yang disukai. Mata kuliah kesukaan saya adalah Jurnalistik, karena banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapat pada mata kuliah Jurnalistik.

Jurnalistik memberikan pengetahuan dan ilmu tentang bagaimana berita dibuat dan disampaikan kepada masyarakat. Mata kuliah ini juga mengajarkan tentang proses pengumpulan informasi, penulisan berita atau feature dengan cara yang sesuai dengan penulisan berita yang baik dan benar dan memahami eluk-beluk dunia media memberikan wawasan pentingnya memberikan informasi yang sesuai dengan fakta dan akurat.

Mata kuliah jurnalistik juga sangat membantu dalam mengasah kemampuan menulis sebuah berita yang baik, dari mulai membuat judul yang sesuai dengan SPOK, isi berita yang harus terdapat unsur 5W+1H, membuat headline yang menarik. Semua ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan keseluruhan.

Salah satu yang paling menarik pada mata kuliah ini karena berkesempatan untuk terjun langsung ke lapangan untuk mewawancarai narasumber. Para mahasiswa sering diberi tugas untuk meliput sebuah berita atau feature, lalu melakukan wawancara dan membuat laporan berita. Ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dan berguna di dunia kerja nanti.

Dalam junalistik diajarkan tentang kode etik jurnalistik seperti kejujuran dalam pembuatan berita, harus akurat dan sesuai dengan fakta yang ada, tidak menerima suap, dan diajarkan juga kode etik ketika wawancara dengan seseorang. Pengetahuan ini sangat penting bagi seseorang yang ingin menjadi seorang jurnalis.

Jurnalistik merupakan mata kuliah yang banyak akan pengalaman dan pengetahuan. Dari wawancara narasumber secara langsung, penulisan berita dan feature, dan kode etik yang ada dalam jurnalistik. Jadi ini jurnalistik adalah mata kuliah favorit saya, kalau kalian?

Komentar

Postingan Populer